Pengertian Perulangan ( LOOPING )

11 views
Bahasa program  merupakan suatu wahana untuk menuangkan pikiran manusia yang dapat dimengerti oleh mesin komputer sehingga  bernilai guna. Dalam menyelesaikan masalah dengan program atau istilahnya adalah algoritma, pasti kita menemukan masalah yang harus diulang sebanyak data yang diinputkan user. Jika seorang programer menulis sebanyak yang user butuhkan, maka hal ini tidak efektif dan efisien. Sehingga dibutuhkan suatu teknik pengulangan atau istilahnya adalah looping (pengulangan).

Program Looping

 

Looping adalah perulangan suatu blok kode program berdasarkan kondisi yang ditentukan sampai tercapai kondisi untuk menghentikan (terminasi). Setiap perulangan memiliki empat bagian, yaitu inisialisasi, badan program, iterasi, dan terminasi. Inisialisasi adalah program yang menyediakan keadaan awal perulangan. Badan program adalah pernyataan yang ingin kita ulangi. Iterasi adalah program yang kita jalankan setelah badan program, tetapi sebelum bagian tersebut dijalankan lagi.
Looping digunakan untuk tujuan perulangan. Proses perulangan tersebut akan berhenti jika telah mencapai nilai tertentu. Looping atau perulangan sangat berguna untuk optimisasi program yang dibuat. Dengan algoritma tertentu program yang dibuat akan menjadi lebih singkat jika ditulis dengan perulangan daripada harus menulisnya satu persatu. Pada C# perulangan biasanya ditangani dengan fungsi looping for dan looping do…while.
Ada tiga struktur perulangan:
1. Struktur for
2. Struktur while3. Struktur do-while

Struktur for

Struktur perulangan for, biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya, statemen perulangan ini yang paling mudah di pahami. Untuk melakukan perulangan dengan struktur ini kita harus memiliki sebuah variebel sebagai indeksnya.
Bentuk umum struktur for:
// untuk perulangan yang bersifat menaik (increment)
for( variabel = nilai_awal;kondisi;variabel++){
satement yang akan diulang ;}
// untuk perulangan bersifat menurun (encrement)
for (variabel = nilai_awal; kondisi;variabel--){
statemen yang akan diulang;}

Struktur while

Struktur perulangan jenis ini adalah pengulangan yang melakukan pemerikasaan kondisi diawal blok struktur. Kita tahu bahwa perulangan hanya akan dilakukan jika kondisi yang didefenisikan didalamnya bernilai benar.hal ini berarti jika kondisi yang didefenisikan bernilai salah maka statemen-statemen yang ada diblok perulangan tidak akan pernah dieksekusi oleh program. Perulangan while berbeda dengan perulangan for, karena perulangan while jumlah pengulangannya belum diketahui.
Bentuk umum struktur pengulangan while adalah sebagai berikut:
while (kondisi){statemen yang akan di ulang;}

Struktur do-while

Berbedaa dengan struktur while yang melakukan pemeriksaan kondisi diawal blok perulangan, pada struktur do-while kondisi justru ditempatkan dibagian akhir. Hal ini tentu menyebabkan struktur perulangan ini minimal akan melakukan satu kali proses walaupun kondisi yang didefenisikan tidak terpenuhi.
Berikut ini bentuk umum dari struktur do-while
Do {Statemen yang akan diulang;}while (kondisi
Berikut perbedaan while dan do-while:
While
Bisa jadi tidak akan pernah dikerjakan jika syarat tidak dipenuhi.
Ini dikarenakan sebelum instruksi dikerjakan, syarat dicek terlebih dahulu.
Do while
Minimal dikerjakan satu kali walaupun syarat tidak dipenuhi.
Ini dikarenakan instruksi dikerjakan dahulu, baru syarat dicek untuk melanjutkan perulangan.
Penggunaan algoritma pengulangan dalam ilmu  komputer memang sangat diperlukan sebab kita tidak bisa membuat algoritma dengan prinsip “yang penting jalan”. Perulangan adalah suatu cara untuk mengulang satu atau sekumpulan perintah sampai mencapai kondisi tertentu.

Tags: #belajar looping #pengertian looping #perualangan looping

Leave a reply "Pengertian Perulangan ( LOOPING )"